Just another WordPress.com site

JAKARTA: Laba bruto PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menembus Rp270 miliar pada akhir triwulan III/2011, meningkat sebesar 93,15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Adrian A. Gunadi, Direktur Retail Banking Bank Muamalat, menyatakan pertumbuhan laba sebelum pajak tersebut dipengaruhi oleh kenaikan pendapatan dari pembiayaan yang disalurkan. Kinerja pembiayaan hingga September 2011 meningkat 45,24% menjadi Rp20 triliun dibandingkan dengan sebelumnya Rp13,77 triliun.

“Pembiayaan meningkat karena sejak tahun lalu kami melakukan ekspansi secara terukur pada jaringan dan produk sehingga mendorong produktivitas dari cabang-cabang,” ujarnya seusai menandatangani kerja sama bancassurance dengan Allianz Life Indonesia, hari ini.
Lebih jauh dia merinci sebagian besar pembiayaan dari bank syariah pertama di Indonesia ini, disalurkan untuk segmen ritel dengan porsi sekitar 65% atau senilai Rp13 triliun.  “Sisanya disalurkan untuk nasabah komersial dan korporat.”

Segmen ritel, tambahnya, juga mendorong pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp21 triliun, bertambah sekitar Rp7,15 triliun, dibandingkan dengan sebelumnya Rp13,85 triliun.  “Kontribusi ritel pada DPK sekitar Rp14 triliun. Dana tabungan dan giro memiliki porsi 50% dari DPK ritel dan sisanya adalah deposito,” jelasnya.
Adrian menambahkan pertumbuhan pembiayaan yang tinggi terjadi pada pinjaman consumer, terutama pada pembiayaan hunian syariah (sejenis KPR), selain pinjaman channeling untuk multifinance serta pinjaman untuk koperasi “Dari Rp6,3 triliun portofolio pembiayaan consumer sebanyak Rp3 triliun telah disalurkan untuk pembiayaan hunian syariah. Ke depan pembiayaan consumer juga akan meningkat,” ujarnya.

Referensi         :

http://www.infobanknews.com/2011/10/laba-melonjak-likuiditas-perbankan-kuat-hadapi-krisis-global/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: