Just another WordPress.com site

Jangan sampai kolesterol penebalan pembuluh darah terjadi di tubuh Anda.Awalnya Sudiman lega. Saat checkup yang disyaratkan kantornya selesai, hasil tes laboratoriumnya menunjukkan keadaan yang lumayan baik. Kadar kolesterol tubuhnya 171. Namun, HDL kolesterolnya 33.Ia waswas.”Kadar HDL-mu rendah banget,” komentar Siti, temannya. ”Berpotensi kena serangan jantung dan stroke.” Siti lantas bercerita, dua bulan sekali ia selalu tes darah. Ia ingin memeriksa kolesterol baik dan buruk dalam darahnya. Tujuannya tak lain, berjaga-jaga untuk melihat potensi bahaya itu.Keterangan sang teman membuat Sudiman bingung. Pasalnya, dari informasi lain didapatkannya, meski LDL rendah, HDL rendah, risiko lebih serius malah pada trigliserida tinggi. Mana yang benar? Bagaimana dampak yang sebenarnya?Mengenal kerja lemak darahKolesterol, jelas dr Nahar Taufik SpJP, staf Bagian Radiologi RSUP Dr Sardjito/Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, merupakan istilah secara medis dari lemak. Yang dimaksud lemak secara awam itu lemak darah.Secara umum, kolesterol berfungsi sebagai pembentuk membran (lapisan sel) dan enzim-enzim tubuh untuk metabolisme. ”Jadi, meskipun kolesterol mempunyai dampak kurang baik bagi seseorang, namun punya hal yang positif. Sehingga kita tidak bisa mengikis habis kolesterol,”kata dia dr Lucia Kris Dinarti SpPD SpJP (K), kepala Instalasi Rawat Jantung RSUP Dr Sardjito.Namun,lemak darah itu sendiri masih ada beberapa jenis yaitu kolesterol low density lipoproteins (LDL), kolesterol total, high density lipoproteins (HDL) kolesterol, trigliserida. Secara umum dokter sering melakukan pengecekan pada empat jenis itu.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan kolesterol Anda:

·         Diet

Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya dengan mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

·         Konsumsi makanan berserat

Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

·         Konsumsi antioksidan

Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

·         Hindari alkohol dan merokok

Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.

·         Olahraga

Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan. Jaga agar berat tubuh Anda tetap ideal.

 

 

Referensi            :

http://republika.co.id:8080/koran/105/92296/Menjaga_Kolesterol_Tubuh

http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/83-tips-mengontrol-kolestrol.html

http://motivasi259.blogspot.com/2011/08/tips-menjaga-kolesterol-agar-tetap.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: