Just another WordPress.com site

Kuliner Kampung Betawi

Kampung Kebudayaan Betawi memiliki banyak sekali jajanan kuliner, disana terdapat gado-gado, kerak telor, rujak, toge goreng, arum manis, dan gulai Jakarta, juga tak ketinggalan minuman khas betawi yaitu Bir Pletok,es selendang mayang, es cincau, dan es doger. Bir pletok adalah salah satu minuman populer orang betawi, karena Bir Pletok ini memiliki kegunaan atau manfaat yang baik untuk kesehetan tubuh, yaitu pegel-pegel, masuk angin, dan batuk/pilek.

 

 
 

Salah satu makanan khas paling populer dari betawi adalah kerak telor. Tentunya tak ada satu orang Jakarta pun yang tidak tahu tentang makanan ini, mungkin memang ada beberapa yang belum pernah mencicipinya, seperti saya yang jujur baru sekali makan kerak telor itu pun beberapa tahun lalu, dan kemudian saya mencicipinya kembali ketika pergi ke kampong betawi ini. Kerak telor ini sudah ada sejak jaman ketika Jakarta masih bernama Batavia, pada masa itu Batavia banyak sekali ditumbuhi pepohonan kelapa yang dimanfaatkan penduduk untuk berbagai macam keperluan, kerak telor ini dimasak dengan cara yang unik karena tidak menggunakan kompor melainkan diatas bara api, bahan-bahan untuk membuat kerak telor ini tidak terlalu sulit, yaitu beras ketan, santan kental, garam, kelapa parut, daun jeruk, gula, bawang goreng, telur ayam/bebek, tepung ketan, merica bubuk, sedangkan cara memasaknya adalah  Ketan dikukus sampai setengah matang (sekitar 15 menit), siram dengan santan, tambahkan garan, aduk rata, sisihkan. berikutnya adonan isi : Campur bumbu yang dihaluskan dengan kelapa parut, daun jeruk, ebi dan gula, sangrai hingga kering, beri bawang goreng, angkat, sisihkan. Adonan Telur : Pecahkan telur satu persatu tambahkan tepung ketan, santan dan garam, aduk rata, sisihkan. Adonan pengikat : Campur semua bahan menjadi satu, lalu masak sambil diaduk aduk hingga mendidih, angkat, sisihkan. Tahap penyelesaian nya yaitu : Ambil wajan dadar teflon kecil(diameter 12 cm) beri 4 sendok makan adonan telur, beri 1 sdm adonan ketan, ratakan, dimasak hingga matang, balik , setelah matang angkat, beri adonan pengikat kemudian beri adonan isi , lalu dilipat dan dihiidangkan selagi hangat. Untuk variasi isi bisa dipakai/ditambahkan irisan keju,nugget ayam,ikan sarden atau lainnya sesuai selera. Namun sekarang banyak orang mengatakan bahwa kerak telor itu sendiri sudah sangat jarang dihidangkan dalam rangka acara-acara hari besar karena terkalahkan dengan era globalisasi dan masuknya makanan asing ke Indonesia, padahal dulu kerak telor akan selalu tersedia di berbagai acara besar. Selain kerak telor sebenarnya masih banyak jajanan khas betawi lainnya yang dijual disana, salah satunya lagi adalah toge goreng, saya memang tidak mencoba membeli makanan ini tapi saya diceritakan oleh teman saya yang membeli dan mencicipinya, dia bilang toge goreng nya enak dan gurih, sepertinya memang semua jajanan disana enak, saya juga melihat banyak jajanan minuman yang segar-segar disana.

 

Saya mencoba mewawancarai salah satu pedagan kerak telor, Beliau mengatakan bahwa Dia telah bekerja menjual kerak telor sejak Ia berusia sekitar 20an tahun dan sekarang Beliau telah memasuki kepala 6, Beliau selalu didampingi sang istri ketika sedang berjualan, sang istri biasanya membantu dalam hal memegang uang dan mencatat pesanan. Saya bertanya berapakah penghasilan yang Beliau dapatkan seharinya, Beliau mengatakan jika sedang ramai seperti hari sabtu atau minggu, kira-kira 20kg telur akan habis dalam seharinya, dapat dibayangkan ternyata penghasilan yang didapatkan oleh Beliau cukup besar karena harga satu porsi kerak telor dengan telur bebek saja Rp. 12.000,00-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: