Just another WordPress.com site

Aset tetap

 

Efektif pada tanggal 1 januari 2012, Grup menerapkan PSAK no. 16 (Revisi 2011) “Aset Tetap” dan ISAK No. 25 “Hak Atas Tanah”

 

Dampak penerapan PSAK no.16 (Revisi 2011) dan ISAK No. 25 “Hak Atas Tanah”pada perusahaan yaitu :

Tidak memberikan dampak yang signifikan pada laporan keuangan perusahaan.

 

Pengaruh pada laporan keuangan :

Aset tetap dinyatakan sebesar harga perolehan dikurangi akumulasi penyusutan dan rugi penurunan nilai jika ada. Lalu, pada setiap akhir periode pelaporan, nilai residu, umur manfaat dan metode penyusutan asset tetap akan direview oleh manajemen dan disesuaikan dengan prospektif.

Biaya pemeliharaan dan perbaikan diakui kedalam nilai tercatat asset tetap sebagai suatu penggantian jika memenuhi kriteria pengakuan dan semua biaya pemeliharaan dan perbaikan lainnya yang tidak memenuhi criteria pengakuan dibebankan langsung pada operasi berjalan.

Penyusutan dimulai ketika asset tetap tersedia digunakan dan dihitung menggunakan metode garis lurus selama taksiran masa manfaat ekonomi asset.

 

 

Pajak Penghasilan

 

Efektif tanggal 1 Januari 2012, Grup menerapkan PSAK No. 46 (Revisi 2010), “Pajak Penghasilan”.

Dampak penerapan PSAK no.16 (Revisi 2011) dan ISAK No. 25 “Hak Atas Tanah”pada perusahaan yaitu :

Tidak memberikan dampak yang signifikan pada laporan keuangan konsolidasian.

 

Pengaruh pada laporan keuangan :

PSAK ini mengharuskan perusahaan entitas anak untuk memperhitungkan konsekuensi pajak kini dan mendatang dari pemulihan jumlah tercata asset (liabilitas) masa depan yang diakui dalam laporan posisi keuangan konsolidasian, transaksi dan kejadian lain dari periode kini yg diakui dalam laporan keuangan konsolidasian.

Pada pajak penghasilan kini, asset atau liabilitas pada pajak penghasilan kini Yng berasal dari periode berjalan dan sebelumnya dicatat sebesar jumlah ekspektasi diretitusi dari atau yang dibayarkan kepada kantor pajak yang besarnya ditetapkan berdasarkan tariff pajak dan peraturan perpajakan yang berlaku atau secara substansial telah berlaku. Jumlah tambahan pokok dan denda yang ditetapkan dengan SKP diakui sebagai pendapatan atau beban periode berjalan, kecuali jika diupayakan penyelesaian selanjutnya.

Pada pajak tangguhan, pajak tangguhan diakui dengan menggunakan metode liabilitas atas perbedaan temporer antara dasar pengenaan pajak asset dan liabilitas dan nilai tercatatnya dalam laporan keuangan konsolidasian pada akhir periode laporan.

Pada pajak penjualan, beban dan asset diakui setelah dikurangi jumlah pajak penjualan.

 

 

Instrumen Keuangan

 

Efektif tanggal 1 Januari 2012, Grup menerapkan PSAK 50 (Revisi 2010) (“PSAK 50R”), “Instrumen Keuangan: Penyajian”, PSAK 55 (Revisi 2011) (“PSAK 55R”) “Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran” dan PSAK No. 60 “Instrumen Keuangan: Pengungkapan”.

 

Dampak penerapan PSAK No. 50 (Revisi 2010), PSAK No. 55 (Revisi 2011) dan PSAK No. 60 yaitu :

Tidak memberikan dampak yang signifikan pada laporan keuangan.

 

Pengaruh pada laporan keuangan :

Pada saat pengakuan awal asset keuangan diukur pada nilai wajar pada laba atau rugi.

Pada pengukuran setelah pengakuan awal asset keuangan dinilai sesuai dengan klasifikasinya.

Pada pengakuan awal liabilitas awal, liabilitas keuangan diukur pada nilai wajar juga. Dalam hal liabilitas yang diukur pada biaya perolehan termasuk biaya transaksi yang dapat diatribusikan secara langsung.

Pada pengukuran setelah pengakuan awal liabilitas keuangan, liabilitas keuangan diukur pada biaya perolehan yang kemudian diamortisasi menggunakan metode suku bunga efektif.

Pada biaya perolehan diamortisasi dari instrument keuangan, liabilitas keuangan diukur pada biaya perolehan yang kemudian diamortisasi menggunakan metode suku bunga efektif dikurangi cadangan penurunan nilai dan pembayaran atau pengurangan pokok.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: